MASIGNALPHA101

Perkembangan Janin Pada Trimester Kedua

Perkembangan Janin Pada Trimester Kedua

Perkembangan Janin Pada Trimester Kedua
Masa kehamilan dimana setiap tahapan perkembangan janin selalu menjadi perhatian sang ibu, apalagi saat kehamilan pertama pasti sangat diidam-idamkan untuk menanti kelahiran sang bayi. Setiap trimester kehamilan, janin mengalami pertumbuhan sesuai usia kandungan, mulai dari minggu pertama hingga minggu terakhir pra-kelahiran. Kali ini kita akan mengulas beberapa informasi penting mengenai Seputar Kehamilan Trimester Kedua yaitu minggu ke 13 hingga minggu ke 24 atau usia kehamilan 4 hingga 6 bulan. Langsung saja pembahasannya sebagai berikut:

  • Kehamilan usia 13 hingga 17 minggu, pada saat usia ini sang janin memiliki berat antara 57 hingga 113 gram, panjangnya sekitar 10-13 cm. Pada usia janin tersebut sudah mengalami mimpi, ia dapat bangun dan tidur lagi. Mulut bayi sudah terbentuk dan bisa membuka serta menutup kembali dan bisa digerakan sendiri. Lanjut pada usia 16 mingu, janin sudah membentuk alat kelaminnya, sehigga tepat sekali kalau USG pada usia kehamilan 16 minggu untuk mengetahui jenis kelamin bayi. Kemudian muncul lanugo atau rambut-rambut halus pada kepala janin. 
  • Kehamilan di minggu 18 hingga 22 atau usia 5 bulan hingga 6 bulan.. ukuran janin sidah membesar yaitu mencapai 25 hingga 28 cm, serta memiliki berat 227 sampai 454 gram. Di tahapan ini juga, tulang-tulanggnya sudah mulai keras dan menggantikan tulang rawan pada janin. Indera pendengarannya sudah berfungsi dan merespon gerakan. Maka dari itu, sang ibu akan bisa merasakan pukulan atau tendangan dengan berbagai gerakan dari janin dalam perutnya. Kelenjar minyak pada kulit bayi pun sudah mulai bekerja. 
Tumbuh Kembang Pada Janin di usia 5 hingga 6 bulan merupakan masa pertengahan antara trimester pertama dengan trimester ketiga, pada trimester dua ini janin mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang cukup signifikan, sehingga sang ibu harus menjaga ekstra janin yang dikandungnya dengan melakukan pola hidup sehat, baik dari makanan, gaya hidup, serta rutin melakukan pengecekan ke dokter untuk mengetahui janin yang dikandung sehat dan tumbuh dengan baik.

Halo semua!
Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya

• Berkomentarlah dengan sopan
• Tidak memasukkan link apapun (Spam)
• Berkomentar yang relevan sesuai artikel
• Komentar yang kasar dan mengandung unsur SARA akan dihapus

#kemanaenaknya